Pengertian, Pembagaian, dan Peninggalan Zaman Praaksara

Zaman praaksara

Halo pembaca Radioschweden, pada artikel kali ini kita akan membahas seputar zaman praaksara yang telah terjadi di masa lalu, dari mulai pengertian, pembagian zaman, dan peninggalan pada zaman praaksara.

Pengertian Zaman Praaksara

Zaman praaksara bisa juga disebut zaman prasejarah, dimana manusia saat itu belum mengenal tulisan. Setiap daerah di bumi pastinya memiliki zaman praaksara tersendiri, zaman praaksara ini sudah dimulai pada masa dimana manusia purba hidup di bumi, sekitar 65 juta tahun yang lalu yang termasuk di zaman neozoikum atau kainozoikum. Pada saat memasuki zaman kainozoikum, binatang yang berukuran besar sudah mulai berkurang sampai punah, setelah itu muncul lah hewan hewan mamalia yang menyusui, seperti monyet. Setelah melawati masa itu, baru lah dimulai tanda tanda kehidupan manusia purba. Pada saat itu terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Pleistosen dan Halosen. Pada saat zaman pleistosen itu adalah sejarah awal manusia purba generasi pertama, setelah memasukin zaman halosen sudah mulai ada homo sapiens.

Pembagian Zaman Praaksara

Seperti yang telah disebutkan di atas, zaman praaksara terbagi menjadi 4, yaitu zaman arkezoikum, zaman paleozoikum, zaman mesozoikum, dan zaman neozoikum.

  1. Zaman Arkezoikum

Zaman arkezoikum sudah lewat 450 – 545 juta tahun yang lalu, karena itu adalah zaman pertama dan paling tua dari kehidupan yang ada di bumi. Pada zaman tertua ini, bentuk bumi pun belum stabil karena masih dalam proses pembentukan. Sehingga belum ada tanda tanda adanya kehidupan, dan udara pun masih panas sekali. Berakhirnya zaman arkezoikum ketika bumi mengalami penurunan suhu yang sangat drastis dan mulai muncul adanya tanda tanda kehidupan.

  1. Zaman Paleozoikum

Setelah zaman arkezoikum berakhir, masuk ke dalam zaman paleozoikum atau zaman primer. Zaman ini sudah terjadi sekitar 340 juta tahun yang lalu ketika bumi mengalami penurunan suhu yang sangat drastis. Tanda tanda kehidupan pun sudah ada, makhluk hidup yang saat itu telah ada adalah bakteri, amfibi, dan hewan lainnya yang tidak memiliki tulang belakang dan bersel satu.

  1. Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum sering disebut zaman primer. Zaman yang sudah terjadi sekitar 140 juta tahun yang lalu, merupakan lanjutan dari zaman primer dimana sudah mulai bermunculan hewan hewan yang bermacam jenis, seperti dinosaurus dan reptil reptil bertubuh besar lainnya.

  1. Zaman Neozoikum

Zaman neozoikum merupakan zaman dimana kehidupan di bumi sudah berkembang dan banyak makhluk hidup yang beragam. Zaman yang sudah terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu ini dibagi menjadi 2 zaman, yaitu zaman tersier dan sekunder.

Peninggalan Zaman Praaksara

Setelah mengetahui pengertian dan pembagian zaman praaksara, selanjutnya kamu harus tahu peningalan peninggalan zaman praaksara berikut ini.

  1. Dolmen

Dolmen merupakan sebuah tempat seperti batu yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk seperti meja yang digunakan untuk penyembahan arwah nenek moyang. Dolmen merupakan salah satu peninggalan zaman praaksara yang paling banyak ditemukan di Jawa Timur.

  1. Kapak Genggam

Pada saat itu, kapak genggam digunakan sebagai alat untuk memotong daging hewan hasil buruan, membela kayu, menggali umbi umbian, dan lainnya.

  1. Kapak Pendek

Selain kapak genggam, ada juga kapak pendek yang digunakan untuk memotong daging. Bentuk dari kapak pendek ini adalah setengah lingkaran dan ada sisi yang tajamnya.

Itu dia penjelasan singkat hari ini mengenai zaman praaksara.